KARENA SEMUA BERAWAL DARI MIMPI!!

Saturday 20 December 2014



Hari ini sabtu 4 oktober 2014. Hari ini adalah hari dimana umat muslim merayakan hari besarnya atau yang dikenal di indonesia hari raya idul adha. Bagi saya sungguh bersyukur sekali hari raya ini jatuh pada hari sabtu. Mungkin klo di indonesia hari raya pada hari sabtu atau minggu tidak terlalu menguntungkan karena tanggal merah yang bertepatan dengan jadwal libur kuliah. Ya memang di indonesia hari raya selalu identik dengan libur dan tanggal merah lalu berkumpul bersama keluarga. Tapi bagi kami yang berada di negara perantauan apalagi muslim disini adalah kaum minoritas. Tidak ada hari libur untuk hari besar atau hari raya bagi umat muslim. Namun syukurlah hari ini hari raya jatuh pada hari sabtu sehingga saya bisa terbebas dari rutinitas kuliah. Tidak seperti hari jum'at yang selalu galau harus memilih masuk kelas atau pergi untuk sholat jum'at.

Perjalanan pagi ini dimulai pukul 07.30 karena sholat akan dimulai pukul 08.30. Dengan jalan kaki saya menuju halte tramway terdekat dari apartemen. Setelah menunggu sekitar 5 menit dengan menahan dinginnya udara pagi di clermont akhirnya tramway pun datang juga. Setelah melewati 13 halte akhirnya sampe juga di halte "premier mai" lalu saya turun dari tramway dengan melihat banyak orang muslim yang memakai hijab dan busana muslim. Karena saya tidak tahu tepat dimana tempat sholat akhirnya saya pun berinisiatif untuk mengikuti mereka. Karena saya yakin mereka juga akan datang untuk sholat. Dan benar saja,akhirnya sy masuk ke sebuah bangunan yang lebih mirip dengan stadion indoor yang dijadikan salle de prière(tempat sholat). Ternyata sholat akan dilakukan disini dan tidak seperti biasanya saat sholat jum'at dimana sholat di lakukan di grande mosquée. Untungnya saya sempat bertanya ke seseorang setelah selesai sholat jum'at minggu kemarin dimana tempat untuk sholat idul adha. Klo tidak,mungkin sy akan pergi ke grande mosquée seperti biasanya dan mendapati tidak ada satu orang pun disana. 

Halte Tramway La Chaux

Hari raya kali ini sungguh terasa berbeda. Dimana untuk pertama kalinya saya merasakan hari raya di negeri orang. Tidak ada suara takbir seperti di Indonesia dan harus meninggalkan kehangatan keluarga ke tanah perantauan demi mengejar cita-cita. Saya rindu saat saat berangkat bersama ke masjid bersama keluarga. Seketika mata saya pun menjadi berkaca kaca. Namun berada disini adalah sebuah impian yang sudah saya impikan sejak lama jadi bagaimanapun juga kondisinya saya harus tegar.

Suasana perayaan Idul Adha di kotaku:


Selamat hari raya idul adha. Happy ied mubarok. Bonne fête de l'aid al-adha. Barokallah

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Pages

Powered by Blogger.

About This Theme