KARENA SEMUA BERAWAL DARI MIMPI!!

Saturday 20 December 2014

Europe isn't English



Cerita ini berawal dari perjalanan yang sebenernya bertujuan ke Compiegne. Compiegne merupakan salah satu kota di Perancis yang letaknya berada dibagian utara Paris atau kurang lebih ditempuh selama 1 jam dengan kereta TGV. Sebelumnya untuk mencapai “Gare du Nord” saya harus mengambil RER dahulu dari “Saint Lazzare”. Oy,apakah itu “Gare du Nord”? “Gare du Nord” atau kalau diterjemahkan adalah stasiun utara. Ya “Gare du Nord” adalah stasiun di bagian utara Paris untuk tujuan-tujuan yang berada di utara di Paris.

Sedikit gambaran bagaimana rute transportasi yang ada di Paris adalah seperti ini. Mencakup semua jalur Metro,Bus,RER. 

Oke jadi ceritanya ketika di “Saint Lazzare” berpapasan dengan seorang bule. Mungkin karena dia melihat saya adalah orang asing kemudian menghampiri saya. Usut punya usut ternyata sang bule ini berasal dari Amerika yang sedang liburan di Inggris dan kebetulan pada hari itu dia sedang jalan-jalan di Paris. 

Singkat cerita (dengan bahasa yang sudah diterjemahkan) seperti ini.
Bule : Halo,apakah metro ini menuju ke Gare du Nord?
Aku  : Iya,ini adalah RER yang akan berhenti di magenta dan disitu kamu akan menemukan Gare du Nord. Kebetulan aku juga sedang menuju kesana. Kamu bisa ikut denganku jika kamu mau.
Bule : Ulalala senangnya bertemu denganmu. Saya sudah bertanya kepada semua orang Perancis dan mereka tidak paham. Kenapa mereka tidak bisa berbahasa inggris? “What the stupid they are!!”
Aku  : wkwkwk. Ya memang mereka tidak suka berbahasa Inggris.
Bule : Bahkan saya sudah bertanya di petugas yang ada di stasiun metro dan bus dan beberapa dari mereka tidak bisa berbahasa Inggris. Ini adalah transportasi publik dan kenapa mereka tidak bisa berbahasa Inggris.
Aku  : Kamu mau pergi kemana?
Bule : Sebenarnya aku datang dari New York dan aku sedang berlibur di London. Lalu aku ingin mengunjungi Paris  dan hari ini aku akan kembali ke London. Oh iya kamu berkebangsaan apa?
Aku  : Indonesia
Bule : Oh yaya..aku tau Indonesia. Aku tahu kalau Indonesia sekarang punya presiden baru.
Aku  : Hah? Bagaimana kamu bisa tahu?
Bule : Kemarin aku membaca berita dan ramai di beritakan sekarang Indonesia mempunyai presiden baru.
Aku  : “Cuman mengangguk sambil berkata ternyata Jokowi terkenal juga ya”
Bule : Beritahu padaku kalau kita sudah sampai
Beberapa saat kemudian
Aku  : Oke..kita turun disini. Sekarang kita di Magenta dan kita harus naik ke lantai atas untuk menuju Gare du Nord. Disana kamu akan menemukan Gare de Londres untuk pergi ke London.
Bule : Oh yaya..Kamu disini kuliahnya pake bahasa apa?
Aku  : Bahasa Perancis karena mereka tidak bisa berbahasa Inggris. Walaupun Bahasa Perancsiku belum lancar tapi aku harus berbahasa Perancis karena dengan begitu mereka akan lebih respect kepadaku.
Bule : heem..heemm...oh ya kamu yakin lewat sini?
Aku  : Iya aku yakin. Lihat simbol itu “Grandes Ligne”,itu artinya kamu bisa tempat stasiun besar dimana disana kamu akan mendapati kereta besar yang bertujuan untuk jarak antar kota. Disana kamu bisa menemui Intercite dan TGV(Train Grande Vitesse) yang berarti kererta cepat,
Bule : Sebentar aku mau nanya ke seseorang
Aku  : Jangan mereka tidak akan paham apa yang kamu ucapkan
Bule : “nlonyor aja dan menghampiri dua orang yang sedang bercengkrama di depan bar”. Haloo..kalau mau pergi ke London caranya gimana ya? Dimana aku bisa beli tiket? Dan apakah ini Gare du Nord?
Aku  : “melihat dua orang yang sedang ditanyai bule itu sedang saling memandang satu sama lai”
Bule : You not understand? Oh noo..what the stupid you are!!
Aku  : “melongoo..dan ketawa melihat tingkah bule ini. Sudah dibilang mereka tidak akan paham kok tetep ngeyel aja haha”
Bule : Oke,aku akan mengikutimu sekarang. Oh ya siapa namamu?
Aku  : Nanda. Dan kamu?
Bule : Terry. Oke,kita sekarang adalah teman haha
Aku  : Lihat itu didepan. Itu adalah Gare du Nord dan sekarang kita sudah sampai. Kamu bisa beli tiket di Information.
Bule : Terima kasih,betapa beruntungnya aku bertemu denganmu. Mungkin aku tidak akan bisa pulang jika tidak bertemu dengamu haha. Senang bertemu dengamu.
Aku  : Baik teman kita akan berpisah disini. Senang juga bertemu denganmu.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Pages

Powered by Blogger.

About This Theme